UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAWAY XVI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Cut Rosmiati

Keywords:

Hasil belajar, Motivasi, Model, Discovery Based Learning, Matematika, Peluang.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaway XVI Melalui Model Pembelajaran Discovery Based Learning. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Strategi Pembelajaran Discovery Based Learning. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 19 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 8 orang dan perempuan 11 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 31.57% pada pra penelitian meningkat menjadi 63.15% pada siklus I dan meningkat menjadi 84.21% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori Sedang menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat tinggi. Penerapan model pembelajaran discovery based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada materi peluang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaway XVI Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Cut Rosmiati

SMP Negeri 1 Kaway XVI Aceh Barat

Published

2022-03-08

How to Cite

Rosmiati, C. (2022). UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAWAY XVI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1060