PENERAPAN PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BERWUDHU DI KELAS IV SD NEGERI 3 PEUSANGAN SELATAN
Keywords:
Discovery Learning, Hasil Belajar, BerwudhukAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi berwudhu di Kelas IV SD Negeri 3 Peusangan Selatan.Untuk mengetahui aktivitas peserta didik dan guru dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi berwudhu di Kelas IV SD Negeri 3 Peusangan Selatan melalui penerapan Pembelajaran Discovery learning. Pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 3 Peusangan Selatan berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes soal dan lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis ketuntasan dan analisis persentase aktivitas pengamatan. Hasil penelitian pada hasil belajar siklus I 66,67% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 80,95% dan mengalami peningkatan sebesar 14,28%. Artinya model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa PAI di kelas IV SD Negeri 3 Peusangan Selatan. Hasil penelitian pada pengamat aktivitas guru siklus I 84% meningkat pada siklus II menjadi 100%, sedangan aktivitas siswa pada siklus I 78% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Dalam penelitian ini, adanya peningkatan dari segi aktivitas guru dan siswa di akibatkan pada proses pembelajaran yang sudah berjalan dengan baik.