PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V UPTDSD NEGERI 15 PEUSANGAN
Abstract
Proses pembelajaran di SD Negeri 15 Peusangan sudah baik, akan tetapi guru masih menggunakan model pembelajaran yang menoton yaitu menggunakan model pembelajaran konvensional, jika dalam proses pembelajaran yang menoton kecenderungan proses pembelajaran teacher centered kondisi ini membuat proses pembelajaran hanya dikuasai guru, siswa hanya mendegarkan saja apa yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 15 Peusangan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat cahaya.2) untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 15 Peusangan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat cahaya. 3) untuk mengetahui respon peserta didik kelas V SD Negeri 15 Peusangan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action researc). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa. Kemampuan belajar siswa yang dipoeroleh pada siklus I dengan persentase 61% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 28,9% menjadi 88,9% dan tergolong dalam kategori sangat baik, 2) Aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya dengan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan guru dan siswa dalam bekerja sama dan memecahkan masalah serta menyajikan hasil diskusi hasil karya, 3) Respon siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning pada dua siklus secara umum memberikan respon yang sangat baik.