MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DALAM MEMPELAJARI PERWAJAHAN PADA SISWA TINGKAT XII DESAIN GRAFIKA SEMESTER GANJIL SMK NEGERI 3 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Metode Tutor SebayaAbstract
Penggunaan metode tutor sebaya diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar sehingga aktivitas belajar mengajar tidak mengalami kejenuhan. Dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan memahami materi yang diajarkan oleh guru. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: a). Bagaimanakah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran Perwajahan? b).Apakah pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar Perwajahan? C). Apakah penggunaan tutor sebaya dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam belajar Perwajahan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: a). Mengidentifikasi langkah-langkah yang perlu dilakukan dan mengembangkan pembelajaran dengan metode tutor sebaya pada pembelajaran Perwajahan? b). Meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar Perwajahan? c). Meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar Perwajahan?. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan atau action research sebanyak 2 putaran setiap putaran terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII Desain Grafika. Data yang diperoleh berupa hasil praktek, lembar kegiatan belajar mengajar. Daris hasil analisis didapatka bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2 yaitu siklus I praktek (87.1%), siklus 2 (85.7%) dan teori (85.9%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tutor sebaya dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas XII Desain Grafika serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Perwajahan.