UPAYA PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Sitti Zalikha

Keywords:

Hasil Belajar, Aktivitas, Bahasa, Indonesia, Kontekstual Berbasis Masalah, Menulis

Abstract

Penelitian kelas ini berjudul ”Upaya Penerapan Metode Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Siswa Kelas V SD Negeri 15 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020”.Jumlah Siswa sebanyak 25 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 16 orang dan perempuan sebanyak 9 orang yang dilakukan pada tahun ajaran 2019/2020 pada semester genap. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan Februari 2020 sampai dengan akhir bulan April 2020 pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sumber data berasal dari siswa kelas V pada semester genap tahun 2020 yang melakukan pembelajaran dengan Metode Kontekstual Berbasis Masalah. Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I sebesar 64.00%, persentase ketuntasan aktivitas siswa sebesar 60.00% dengan nilai rata-rata 66.16 sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 84.00%, persentase ketuntasan aktivitas siswa sebesar 83.00% dengan nilai rata-rata 86.16 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 21 siswa dari 25 siswa. Penerapan Metode Kontekstual Berbasis Masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat besar manfaatnya bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa. Guru hendaknya mengajar dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan menyenangi materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sitti Zalikha

SD Negeri 15 Meulaboh Aceh Barat

Published

2022-07-25

How to Cite

Zalikha, S. (2022). UPAYA PENERAPAN METODE KONTEKSTUAL BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMBACA SISWA KELAS V SD NEGERI 15 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1312