IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMAMPUAN MEMBACA MENULIS PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 14 PEUSANGAN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca dan menulis siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dalam membaca teks atau menulis suatu teks. Kebanyak siswa membaca dan menulis hanya yang ditulis guru dipapan tulis. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca dan menulis melalui metode SAS pada siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Peusangan. Peningkatan aktivitas guru dan siswa melalui metode SAS pada siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Peusangan. Peningkatan respon melalui metode SAS pada siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Peusangan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Sumber data penelitian siswa kelas IV UPTD SD Negeri 14 Peusangan sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar aktivitas dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatkan hasil belajar pada pembelajaran membaca dan menulis. Hal ini terbukti dari hasil tes siklus I 65% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 95% dan ini mengalami peningkatkan sebesar 30%. Selanjutnya hasil observasi guru siklus I sebesar 86,36% kategori baik meningkat menjadi sebesar 96,36% kategori sangat baik pada siklus II. Sedangkan observasi siswa pada siklus I sebesar 82,72% kategori baik meningkat menjadi sebesar 96,36% kategori sangat baik pada siklus II. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa termotivasi dalam belajar, siswa senang selama proses pembelajaran melalui metode SAS.