UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMAKNAI KEHIDUPAN MELALUI CERPEN MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMP NEGERI 2 MEUREUBO

Authors

  • Eta Julinda

Keywords:

Bahasa Indonesia dan Metode Inquiry

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia materi memaknai kehidupan melalui cerpen dan untuk memenuh isyarat kenaikan pangkat. Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi memaknai kehidupan melalui cerpen Melalui Penerapan Metode Inquiry Pada Siswa Kelas IX Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 2 Meureubo”. Penerapan metode ini diharapkan memberi manfaat yang signifikan bagi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 10 siswa telah tuntas belajar (50%) dan sebanyak 10 siswa belum tuntas (50%). Untuk pertemuan 2 siklus I sebanyak 12 siswa telah tuntas (60%) dan sebanyak 8 siswa belum tuntas (40%). Sementara pada siklus II terjadi peningkatan dimana pertemuan 1 terdapat 15 siswa yang tuntas (75%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (25%). Dan pertemuan 2 siklus II menunjukkan hasil sebanyak 18 siswa yang tuntas (90%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa (10%)

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Eta Julinda

SMP Negeri 2 Meureubo

Published

2023-02-03

How to Cite

Julinda, E. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMAKNAI KEHIDUPAN MELALUI CERPEN MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023 SMP NEGERI 2 MEUREUBO. JURNAL LENTERA, 22(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1813