PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 3 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Authors

  • Muharni

Keywords:

Bahasa Indonesia, Kecepatan Efektif Membaca (KEM), dan Metode Klos

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini mengambil setting di SMK Negeri 3 Lhokseumawe kelas X PBS, dengan jumlah siswa 22 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tiga siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu identifikasi tentang metode klos dan Kecepatan Efektif Membaca (KEM), kemudian dilaksanakan siklus I sebagai penerapan metode klos, siklus II sebagai implementasi pelaksanaan metode klos, dan siklus III sebagai tahap pemantapan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa dengan menggunakan metode klos. Hasil penelitian pada siklus I tingkat keterbacaannya masih rendah, karena kecepatan efektif membaca rata-rata 87 kpm dengan tingkat Independen 18%, tingkat Instruktional 38% dan pada frustasi 44%. Pada siklus II hasil penelitian mengalami perubahan positif yaitu kecepatan efektif membaca rata-rata 150 kpm dengan tingkat Independen 78%, tingkat Instruksional 18%, dan tingkat frustasi 4%. Hasil penelitian pada siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata Kecepatan Efektif Membaca (KEM) 210 kpm dengan tingkat independen 100%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode klos dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muharni

SMK Negeri 3 Lhokseumawe

Published

2022-10-11

How to Cite

Muharni. (2022). PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 3 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2021-2022. JURNAL LENTERA, 22(4). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1484