Pembelajaran Sastra pada Siswa Sekolah Dasar Berorientasi pada Menulis Puisi dan Prosa

Authors

  • Nurlaili Universitas Almuslim

Keywords:

pembelajaran, sastra, puisi, prosa

Abstract

Kemampuan bersastra siswa sekolah dasar sebaiknya mendapat perhatian dari penentu kebijakan kurikulum dan juga guru yang mengajar di sekolah dasar. Salah satu upaya peningkatan daya literasi siswa sekolah dasar dapat dilakukan melalui pembelajaran sastra. Metode yang dilakukan untuk menginput informasi terkait pembelajaran sastra di sekolah dasar adalah metode kajian kepustakaan dengan menelaah beberapa buku sumber rujukan. Dari telaah yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pembelajaran sastra yang berorientasi pada menulis puisi dan prosa ini sebaiknya dilakukan oleh guru pengajar yang minimal memiliki kemampuan apresiasi sastra dan memahami karakter siswa. Selanjutnya, pembelajaran sastra di sekolah dasar diharapkan dilakukan dengan menyenangkan. Untuk itu, berbagai pendekatan, model, metode, dan strategi pembelajaran dapat diterapkan. Salah satu  model pembelajaran yang didapatkan dalam telaah ini adalah model pembelajaran Stratta dan Sinektik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurlaili, Universitas Almuslim

<br data-mce-bogus="1">

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Nurlaili. (2021). Pembelajaran Sastra pada Siswa Sekolah Dasar Berorientasi pada Menulis Puisi dan Prosa. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 1(2), 90–96. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/571