Analisis Citraan dalam Puisi Ibu Karya Ratna Rosana

Authors

  • Rini Afriani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Qurrata A’yunin Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Elfina Elfina Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Keywords:

analisis, citraan, puisi

Abstract

Puisi merupakan rangkaian kata-kata yang pada umumnya  menonjolkan keindahan dari bentuk gaya bahasa dan juga makna yang terkandung di dalamnya. Puisi dibangun berdasarkan suasana hati pengarang dengan memunculkan penginderaan sebagai bentuk pendukung agar dapat memperkuat pemaknaan dalam karya tersebut. Visualisasi yang muncul dalam diksi pada puisi disebut citraan. Terdapat beberapa citraan dalam sebuah karya sastra berbentuk puisi, di antaranya: citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan perabaan, citraan pencecapan, citraan penciuman, citraan gerak, dan citraan perasaan. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah citraan dalam puisi “Ibu” Karya Ratna Rosana. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan berbagai citraan yang terdapat dalam puisi “Ibu” Karya Ratna Rosana. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Library Research. Data dalam penelitian ini terfokus pada data yang tersaji mengenai aspek citraan yang terdapat dalam puisi puisi “Ibu” Karya Ratna Rosana. Untuk proses pengumpulan data dilakukan teknik baca dan teknik catat.

Kata Kunci: Analisis, Citraan, Puisi

Poetry is a series of words that generally highlight the beauty of the form of language and also the meaning contained therein. Poetry is built based on the author's mood by bringing out the senses as a form of support in order to strengthen the meaning of the work. The visualization that appears in the diction of poetry is called imagery. There are several images in a literary work in the form of poetry, including: visual imagery, auditory imagery, tactile imagery, taste imagery, olfactory imagery, movement imagery, and Image of feelings. The limitation of the problem in this research is the imagery in the poem "Ibu" by Ratna Rosana. The method used is a qualitative descriptive method. The type of research used is Library Research. The data in this research focuses on the data presented regarding aspects of the imagery contained in the poem "Ibu" by Ratna Rosana. For the data collection process, reading and note-taking techniques were used.

keywords: Analisys, Imageri, Poetry

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Rini Afriani, Qurrata A’yunin, & Elfina, E. (2024). Analisis Citraan dalam Puisi Ibu Karya Ratna Rosana. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 4(02), 150–154. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/2744