Efektivitas Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Berorientasi Kehidupan Sosial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan data tentang efektivitas dengan model pembelajaran media gambar pada materi menulis puisi berorientasi kehidupan sosial pada siswa kelas x SMA Negeri 1 Peudada. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA negeri 1 Peudada tahun pembelajaran 2020/2021 sebanyak 12 kelas dengan jumlah 315 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksprimen dan kelas X IPA 2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas kontol. Pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan 1) uji normalitas 2) uji homogenitas dan 3) uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh thitung dan ttable yaitu 2,55 1,68 dengan demikian (ho) ditolak dan (ha) diterima, sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran media gambar berorientasi kehidupan sosial dalam pembelajaran menulis puisi dengan pembelajaran menulis puisi secara konvesional pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Peudada.