Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Samalanga
Keywords:
Minat Baca, Prestasi Belajar, SiswaAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca mempengaruhi hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Samalanga. Dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode korelasi kausal, penelitian ini mengambil sampel sebanyak 118 siswa dari total populasi siswa SMA Negeri 1 Samalanga yang berjumlah 591 siswa. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk melihat hubungan antara variabel independen (minat baca) dan variabel dependen (prestasi belajar). Studi ini menyelidiki seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan menganalisis data menggunakan uji t. Hasil menunjukkan bahwa variabel minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Samalanga. Hal ini ditandai dengan nilai t-hitung yang lebih besar dari nilai t-tabel (2,145 ≥ 1,658) dan nilai signifikansi (Sig) sebesar 0,001 yang kurang dari level signifikansi 0,05. Artinya, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci: Minat Baca, Prestasi Belajar, Siswa
Abstrac
The aim of this research is to investigate how reading interest influences the learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Samalanga. Employing a quantitative approach and using causal correlation method, this study sampled 118 students from the total population of 591 students at SMA Negeri 1 Samalanga. Simple linear regression analysis was utilized to examine the relationship between the independent variable (reading interest) and the dependent variable (learning achievement). This study investigates the extent to which the independent variable influences the dependent variable by analyzing data using the t-test. The results indicate that reading interest significantly influences the learning outcomes of students at SMA Negeri 1 Samalanga. This is evidenced by the calculated t-value being greater than the tabulated t-value (2.145 ≥ 1.658) and a significance value (Sig) of 0.001, which is less than the significance level of 0.05. Therefore, the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted, demonstrating a significant relationship between reading interest and student learning achievement.
Keywords: Reading Interest, Learning Achievement, Students