Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX-1 MTs Negeri 3 Aceh Timur dengan Menggunakan Metode Picture and Picture
Keywords:
menulis cerita inspiratif, metode picture and pictureAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode picture and picture terhadap kemampuan siswa menulis cerita inspiratif dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa menulis cerita inspiratif. Manfaat penelitian ini adalah sebagai pedoman peneliti untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis cerita inspiratif. Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Negeri 3 Aceh Timur kelas IX-1 berjumlah 33. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan observasi. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dalam proses pembelajaran menulis cerita inspiratif menggunakan metode picture and picture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat proses pembelajaran berlangsung tercipta pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 19 siswa atau 58% yang mencapai ketuntasan dan pada siklus II menjadi 33 siswa atau 100% yang mencapai ketuntasan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode picture and picture dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita inspiratif.
Kata kunci: menulis cerita inspiratif, metode picture and picture