UPAYA PENERAPAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF VOKAL PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS III SLB NEGERI MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Hasil Belajar, Kemampuan, Media, Permainan Puzzle, Anak Tunagrahita SedangAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SLB Negeri Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Media Permainan Puzzle. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas III SLB Negeri Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 9 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 4 orang dan perempuan 5 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (praktek). Data observasi dilakukan dengan melihat kemampuan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 33.33% pada pra penelitian meningkat menjadi 66.66% pada siklus I dan meningkat menjadi 88.88% pada siklus II. Kemampuan belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Media Permainan Puzzle dapat meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Tunagrahita Sedang siswa kelas III SLB Negeri Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.