UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PELAJARAN DASAR-DASAR AGRITEKNOLOGI PENGOLAHAN PERTANIAN KELAS X APHP SMK NEGERI 6 LHOKSEUMAWE TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Keywords:
Discovery Learning, Prestasi belajar SiswaAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X APHP SMK Negeri 6 Lhokseumawe tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 33%, setelah dilaksanakan siklus I dengan Discovery Learning persentase ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 64% kemudian pada tindakan siklus II, ketuntasan prestasi belajar mencapai 88%. Model Pembelajaran Discovery Learning juga dapat meningkatkan indikator prestasi belajar siswa kelas X APHP SMK Negeri 6 Lhokseumawe tahun pelajaran 2022/2023. Indikator prestasi belajar siswa terdiri dari kognitif, afektif dan psikomotor. Pada siklus I indikator prestasi belajar siswa memperoleh skor akhir 60%, artinya indikator prestasi belajar siswa berada pada kriteria baik. Pada siklus II skor akhir indikator prestasi belajar siswa mencapai 88% sehingga berada pada kriteria sangat baik.