MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 MATERI STRUKTUR TEKS EKSPLANASI PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMP NEGERI 1 KUTAMAKMUR KABUPATEN ACEH UTARA
Keywords:
Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Students Facilitator and Explainning ,Prestasi Belajar, dan Pelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penulis sebagai guru yang mengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak menggunakan strategi pembelajaran yang menarik, dan akibatnya siswa jenuh kurang termotivasi dalam proses belajar.Penulis menduga bahwa penyampaian materi yang cenderung monoton dan tidak mengaktifkan siswa tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan siswa Kelas VIII-2. Hal ini dapat dilihat dari data hasil ujian Ulangan Harian (UH) siswa yang diperolehan dari 23 orang hanya 9 siswa atau (39,13%) siswa yang tuntas, sedangkan 14 siswa atau (60,87%) lainnya belum tuntas, karena memperoleh nilai di bawah KKM. Oleh karena itu, penulis mencari solusi dengan menerapkan Model Pembelajaran Students Facilitator and Explainning. Demikian penulis membuat sebuah penelitian, dengan rumusan masalah: Apakah Melalui Model Pembelajaran Students Facilitator and Explainning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-2 Materi Struktur Teks Eksplanasi Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 1 Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa siswa Kelas VIII-2 Materi Struktur Teks Eksplanasi Melalui Model Pembelajaran Students Facilitator and Explainning Pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP Negeri 1 Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2022. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Kutamakmur Kabupaten Aceh Utara. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Students Facilitator and Explainning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus