PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEUMANTOK TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Keywords:
Hasil Belajar, PAKEM, IPS, Sistem, Pemerintahan, IndonesiaAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan manfaaat untuk mendapatkan teori baru dan dapat dijadikan referensi. Kajian ini memakai model PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaannya di SD Negeri Seumantok Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam kurun waktu 3 bulan. Subjek penelitiannya yaitu siswa Kelas IV berjumlah 18 orang data PTK ini dari siswa, hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Data divalidasikan dan diferifikasi dengan mencantumkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan Hasil Belajar Siswa sebanyak pada siklus pertama 60.00% dan nilai rata-rata 64.80 hingga pada siklus kedua mencapai persentase 80.95% dan nilai Rata-rata 83,09. PTK ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan pererencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori tentang pembeajaran IPS dan variabel penindak melalui Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menye nangkan). Hasil penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar siswa dari 60,00%. Pada Siklus 1 meningkat menjadi 80,95% pada pertemuan 2., dikatagorikan baik pada Penerapan Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Sistem Pemerintahan di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Seumantok Tahun Pelajaran 2021/2022.