UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMBACA MELALUI PENERAPAN MODEL DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Rausah

Keywords:

Hasil Belajar, Aktivitas, Model, Dua Tinggal Dua Tamu, TSTS, Bahasa, Membaca

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi membaca siswa kelas IV SD Negeri 15 Meulaboh Tahun Pelajaran 2018/2019. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model dua tinggal dua tamu (two stay two stray). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 15 Meulaboh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa adalah 21 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 6 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2019 sampai dengan April 2019 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 35.00% pada pra penelitian meningkat menjadi 61.90% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.71% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model dua tinggal dua tamu (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca siswa kelas IV SD Negeri 15 Meulaboh Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rausah

SD Negeri 15 Meulaboh Aceh Barat

Published

2022-07-25

How to Cite

Rausah. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMBACA MELALUI PENERAPAN MODEL DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) SISWA KELAS IV SD NEGERI 15 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1310