PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 11 PEUDADA KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Nurhalma

Keywords:

Model Pembelajaran Problem cooperative Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 11 Peudada. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) dan Subyek penelitian ini adalah siswa di kelas VI SDN 11Peudada yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data  menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam di SDN 11 Peudada. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata siswa yang sebelum diterapkan model pembelajaran cooperative Learning adalah 59,82 siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 23,5%. Dari hasil siklus 1 rata-rata nilai memperoleh 67, siswa yang mendapat nilai diatas 70 adalah 52,94%. Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai 80,32, siswa yang mendapat nilai di atas 70 adalah 83,87% menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurhalma

SD Negeri 11 Peudada

Published

2022-10-24

How to Cite

Nurhalma. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 11 PEUDADA KABUPATEN BIREUEN. JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1526