PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI TOLERANSI, KERUKUNAN DAN MENGHINDARI DIRI DARI TINDAK KEKERASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 5 SMAN 8 BANDA ACEH
Keywords:
Model Problem Based Learning (PBL), Materi Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Diri dari Tindak KekerasanAbstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat dilakukan adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Model pembelajaran ini mendorong siswa kreatif dan mandiri, mendorong siswa untuk mengutamakan adanya kerjasama, yakni kerjasama antar siswa dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pencapaian tujuan pembelajaran pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Latar belakang permasalahan dari penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada materi Toleransi, Kerukunan dan Menghindarkan diri dari tindak kekerasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 5 di SMAN 8 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas XI MIPA 5 materi Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Diri Dari Tindak Kekerasan. pelajaran agama dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada SMA Negeri 8 Banda Aceh. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 8 Banda Aceh tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang siswa. Hasil penelitian, mengungkapkan telah terjadi peningkatan pemahaman materi Toleransi, Kerukunan dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan pada siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 8 Banda Aceh pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning.