UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 12 JULI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TAWADUK

Penulis

  • Deritawati

Kata Kunci:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Tawadhu.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi tawadhuk, hal ini disebabkan karena siswa masih kurang mengerti pada penjelasan guru, dan contoh-contoh soal yang diberikan guru sulit dipahami siswa. Sehingga peneliti menggunakan pembelajaran Discovery Learning. Tujuan dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa pada materi tawadhuk menggunakan model Discovery Learning di kelas III UPTD SD Negeri 12 Juli. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes, lembar aktivitas. Teknik analisis data dengan analisis ketuntasan dan analisis persentase jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatkan hasil belajar siswa di kelas III UPTD SD Negeri 12 Juli melalui model pembelajaran discovery Learning pada materi tawadhuk dalam kehidupan sebesar 42% siklus I meningkat menjadi 83% pada siklus II. Peningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi tawadhuk dalam kehidupan melalui model pembelajaran discovery Learning di kelas III UPTD SD Negeri 12 Juli sebesar 80% pada siklus I meningkat menjadi 100% siklus II untuk aktivitas guru. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 75% siklus I meningkat menjadi 95% I siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Deritawati

SD Negeri 12 Juli

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-24

Cara Mengutip

Deritawati. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III UPTD SD NEGERI 12 JULI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TAWADUK. JURNAL LENTERA, 21(6). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1518

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.