UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 5 PEUSANGAN PADA MATERI SALING MENGHARGAI

Authors

  • Anita

Keywords:

Discovery Learning, Hasil Belajar, Saling Menghargai.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 5 Peusangan melalui model pembelajaran Discovery Learning pada materi Saling Menghargai. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri 5 Peusangan melalui model pembelajaran Discovery Learning pada materi Saling Menghargai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas V UPTD SD Negeri 5 Peusangan berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes soal dan lembar aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan analisis ketuntasan dan analisis persentase aktivitas pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pada pemahaman mulai dari siklus I sebesar 50% menjadi 80% pada siklus II. Hal ini dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas V UPTD SD Negeri 5 Peusangan. Adanya peningkatkan pada aktivitas guru mulai dari siklus I sebesar 80% menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 93% pada siklus II. Hal ini bias dikatakan pembelajaran yang dilaksanakan guru menggunakan Discovery Learning dapat memberi dampak baik bagi pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anita

SD Negeri 5 Peusangan

Published

2022-10-24

How to Cite

Anita. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 5 PEUSANGAN PADA MATERI SALING MENGHARGAI. JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1517