PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT LEARNING PADA MATERI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Muhammad Sah

Keywords:

Motivasi, Jenis-Jenis Tanah , Direct Learning. IPA

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Jenis-Jenis Tanah di kelas IV SD Negeri Bakat Tahun Pelajaran 2020/2021 maka dari itu peneliti mengambil judul” Peningkatan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Direct Learning Pada Materi Jenis-Jenis Tanah Siswa Kelas IV SD Negeri Bakat Tahun Pelajaran 2020/2021”. Subjek penelitian tindakan sekolah ini  adalah Siswa Kelas IV SD Negeri Bakat. Jumlah siswa adalah 18 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 9 orang dan 9 orang siswa putri. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksan akan pada tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2021 sampai dengan April 2021 pada semester genap. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Tata Busanan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Tata Busanan dan hasil belajar siswa dari 38.88 % pada pra penelitian meningkat menjadi 66.66 % pada siklus I dan meningkat menjadi 83.33 % pada siklus II. Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Metode Pembelajaran Direct Learning dapat meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pada Jenis-Jenis Tanah Siswa Kelas IV SD Negeri Bakat Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Sah

SD Negeri Bakat Aceh Barat

Published

2022-07-25

How to Cite

Sah, M. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL DIRECT LEARNING PADA MATERI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS IV SD NEGERI BAKAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1307