UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIMENTAL BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 7 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Hasil Belajar, Metode, Experimental Based Learning, Matematika, Operasi Hitung Campuran.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Model Pembelajaran Experimental Based Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Melalui Model Pembelajaran Experimental Based Learning. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa III SD Negeri 7 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 22 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 14 orang dan perempuan 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat Pemahaman siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik Pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 36,36% pada pra penelitian meningkat menjadi 63.63% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,81% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. model pembelajaran experimental based learning dapat meningkatkan Pemahaman dan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran pada siswa kelas III SD Negeri 7 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.