Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Di Kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka
Keywords:
Pemahaman Konsep, Mastery Learning, Siklus Hidup Makhluk Hidup.Abstract
Penelitian ini dilatar belakang oleh kemampuan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka pada materi siklus hidup makhluk hidup yang masih tergolong rendah disebabkan kegiatan pembelajaran lebih banyak guru yang menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dengan menggunakan model mastery learning diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi siklus hidup makhluk hidup di kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket. Peningkatkan pemahaman konsep siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) pada materi siklus I sebesar 44,44% meningkat menjadi 88,89% siklus II. Peningkatkan aktivitas guru dan siswa pada materi siklus makhluk hidup melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) di kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka sebesar 77% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 81% meningkat menjadi 94% pada tindakan I siklus II serta 99% pada tindakan II siklus II untuk aktivitas guru. Sedangkan aktivitas siswa sebesar 76% pada tindakan I siklus I dan tindakan II siklus I sebesar 78% meningkat menjadi 93% pada tindakan I siklus II serta 96% pada tindakan II siklus II. Peningkatkan respon siswa pada materi siklus makhluk hidup melalui model pembelajaran model belajar tuntas (Mastery Learning) di kelas IV UPTD SD Negeri 3 Jangka sangat setuju sebesar 20% danĀ respon setuju sebesar 46%, pada respon kurang setuju sebesar 26%, serta respon tidak setuju sebesar 8%