PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI MENJAUHI PERGAULAN BEBAS DAN LARANGAN MENDEKATI ZINA SISWA KELAS X IPS 1 PADA SMA NEGERI 1 SAMALANGA TAHUN AJARAN 2016/2017
Keywords:
Pembelajaran, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, dan VectorAbstract
Rendahnya prestasi dan kurangnya motivasi dan keinginan terhadap pelajaran matematika disekolah, dipengaruhi oleh beberapa faktor, dianataranya adalah metode mengajar dan proses pembelajaran yang bersifat menonton tanpa variasi kreatif. Sehingga membuat siswa menganggap matematika sebagai suatu pelajaran yang sulit dan pada akhirnya hasil belajar siswa masih rendah, karena proses pembelajaran yang dilaksanakan masih konvensional. Oleh karena itu peneliti mencari solusi dengan membuat penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Materi Menjauhi Pergaulan Bebas dan Larangan Mendekati Zina Siswa Kelas X IPS 1 Pada Sma Negeri 1 Samalanga Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Samalanga pada materi vektor tahun pelajaran 2016/2017?. Metode yang digunakan dalam ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Samalanga semester 1 tahun pelajaran 2016/2017yang berjumlah 54 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasidengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi vektor siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Samalanga tahun ajaran 2019/2020. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 81,48% atau 44 siswa dari kondisi awal hanya 18,51% atau 10 siswa dari jumlah keseluruhan 54 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Samalanga mengalami peningkatan hasil belajar pada materi vektor.