UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEURADEUK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Tematik, Hasil, Belajar, Aktivitas, Pendekatan, RME, Pembagian Bilangan AsliAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Tematik Pada Materi Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas V SD Negeri Seuradeuk Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas V SD Negeri Seuradeuk. Jumlah siswa adalah 17 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan 12 orang.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 35.29% pada pra penelitian meningkat menjadi 64.70% pada siklus I dan meningkat menjadi 82.35% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas V SD Negeri Seuradeuk melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Tahun Pelajaran 2019/2020.