UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 26 MEULABOH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Rosmawati

Keywords:

Tematik, Hasil, Belajar, Aktivitas, Pendekatan, RME, Pembagian Bilangan Asli.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Tematik Pada Materi Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas V SD Negeri 26 Meulaboh Melalui Penerapan Pendekatan Realistic mathematics education (RME) Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pendekatan realistic mathematics education (RME). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 26 Meulaboh. Jumlah siswa adalah 27 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak  13 orang dan perempuan 14 orang.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 37.14% pada pra penelitian meningkat menjadi 62.96% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.18% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Pendekatan Realistic mathematics education (RME) dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Materi Pembagian Bilangan Asli Siswa Kelas V SD Negeri 26 Meulaboh Melalui Penerapan Pendekatan Realistic mathematics education (RME) Tahun Pelajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rosmawati

SD Negeri 25 Meulaboh Aceh Barat

Published

2022-03-08

How to Cite

Rosmawati. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DALAM PEMBAGIAN BILANGAN ASLI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 26 MEULABOH DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JURNAL LENTERA, 21(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1055