UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH DAN ISTIQAMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 1 PEUDADA

Authors

  • Zuraida

Abstract

Penelitian ini dengan judul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Materi Hidup Tenang Dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqamah Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Peudada” yang dilatar belakangi oleh pentingnya penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dalam menyampaikan materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Hidup Tenang Dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqamah melalui model pembelajaran Project Based Learning semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus penelitian yang masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, hasil wawancara, dan refleksi.Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Peudada yang berjumlah 18 siswa pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui tes prasiklus, tes akhir tiap siklus, observasi, dan wawancara. Hasil tes akhir diperoleh data siklus I, siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 5 orang (27,78%) sedangkan Siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 13 orang (72,22%), sedangkan hasil tes akhir siklus II yaitu siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) berjumlah 2 orang (11,12%) sedangkan siswa yang mencapai nilai kriteria ketuntasan berjumlah 16 orang (88,88%). Skor persentase rata-rata kegiatan peneliti dalam pembelajaran pada siklus I terhadap peneliti adalah 66,67%, sedangkan siklus II adalah 87,34%. Skor persentase rata-rata kegiatan siswa dalam pembelajaran pada siklus I adalah 67,34%, sedangkan siklus II adalah adalah 84,66%. Dengan demikian Model Pembelajaran Project Based Learning telah mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Hidup Tenang Dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqamah semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 1 Peudada

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Zuraida

SMP Negeri 1` Peudada

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Zuraida. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI HIDUP TENANG DENGAN KEJUJURAN, AMANAH DAN ISTIQAMAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020 DI SMP NEGERI 1 PEUDADA. JURNAL LENTERA, 22(5). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/2178