Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Biografi Menggunakan Media Google Classroom

Authors

  • Asmaul Husna Universitas Almuslim
  • Nurmina Nurmina Universitas Almuslim

Keywords:

Efektivitas, Menulis, Teks Biografi, Google Classroom

Abstract

Penelitian yang berjudul “Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Biografi  Menggunakan Media Google Classroom Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kuala” dilakukan berdasarkan rumusan masalah Apakah efektif pembelajaran menulis teks biografi menggunakan media google classroom pada siswa kelas X? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui apakah efektif pembelajaran menulis teks biografi menggunakan media google classroom pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kuala. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes awal dan tes akhir. Data yang diperoleh dianalisis dengan menghitung mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis(uji-t). Hasil penelitian tahap awal (pre-test) memperoleh nilai rata-rata (Xi)= 44,6 dengan simpang baku (S) = 11,45, setelah diberi perlakuan (treatment)  dengan media film melalui media google classroom memperoleh nilai rata-rata post-test (Xi)= 74,04 dengan simpang baku (S)=11,76 dan nilai thitung > ttabel yaitu 5,76 > 1,68. Berdasarkan hasil tersebut jelas bahwa nilai siswa setelah diberikan perlakuan (treatment) melalui media google classroom pada materi menulis teks biografi dengan nilai siswa yang sebelum diberikan perlakuan (treatment).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Asmaul Husna, & Nurmina Nurmina. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Biografi Menggunakan Media Google Classroom. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 2(1), 1–7. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/835