PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Usaha Keripik di Kabupaten Bireuen)

Authors

  • Denny Firmansyah
  • Radiati Husna

DOI:

https://doi.org/10.51179/vrs.v13i3.857

Keywords:

E-commerce, peningkatan pendapatan, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM Industri Keripik di Kab. Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk menguji pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM Industri Keripik di Kab. Bireuen. Adapun objek penelitian adalah pedagang UMKM yang menggunakan e-commerce sebanyak 42 pedagang UMKM. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan hasil sampel 42 responden. Data penelitian bersumber dari: 1) data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari hasil wawancara, observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah sampel; dan 2) data skunder, yaitu data yang diperoleh dari pihak lain secara tidak langsung, memiliki hubungan dengan penelitian. Adapun metode pengukuran data adalah wawancara dan kuesioner. Sedangkan, analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Dari hasil dan pembahasan penelitian mengenai pengaruh e-commerce terhadap peningkatan pendapatan pada UMKM Industri Keripik di Kab. Bireuen, disimpulkan bahwa: 1) variabel e-commerce (X) diperoleh thitung sebesar 2,413 dengan tingkat signifikan 0,003 dan diketahui ttabel sebesar 1,675. Sehingga, thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya e-commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM Industri Keripik di Kab. Bireuen; 2) dari hasil koefisien korelasi (R), bahwa hubungan antara variabel e-commerce terhadap peningkatan pendapatan Industri Keripik di Kab. Bireuen memiliki hubungan sebesar 0,465 dan dari hasil koefisien determinasi (Adjusted R2), bahwa variabel e-commerce memiliki pengaruh sebesar 52,1%, sedangkan 47,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini; dan 3) dari uji kelayakan model bahwa model linier sederhana dapat digunakan untuk memprediksi nilai variabel peningkatan pendapatan yang dipengaruhi oleh variabel e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Denny Firmansyah

1Dosen Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim

Radiati Husna

2Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Almuslim

Downloads

Published

2022-01-11

Issue

Section

Artikel Penelitian (Research articles)