Sistem Presensi Dosen Menggunakan Rfid Untuk Mendukung Administrasi Pendidikan Tinggi Berbasis Less Contact Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • T. Muhammad Johan ILMU KOMPUTER

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v6i03.829

Kata Kunci:

Less Contact, Pandemi Covid-19, RFID, Sistem Presentasi Dosen, Web

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia selama 2 tahun terakhir telah banyak merubah paradigma dan perilaku masyarakat, tidak terkecuali di Indonesia. Berbagai kebijakan diterapkan oleh pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, salah satunya adalah dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. Disamping itu pemerintah juga menerapkan kebijakan untuk balajar daring dari rumah, dimana kebijakan tersebut dinilai telah berdampak bagi penurunan angka kasus positif Covid-19. Namun penulis menilai kebijakan ini belum berdampak maksimal, dikarenakan secara adminsitratif masih belum di dukung oleh penerapan teknologi yang mampu menerapkan konsep Less Contact. Dalam penelitian ini dikembangkan sebuah sistem presensi dosen dengan menggunakan RFID berbasis Web sebagai sistem yang dapat mendukung administrasi pendidikan tinggi yang bersifat Less Contact. Hasilnya adalah sistem presensi yang telah diuji dinilai mampu untuk mendukung protokol kesehatan di perguruan tinggi dikarenakan dosen dapat menginput presensi kehadiran dengan menempelkan kartu ID Card berbasis RFID tanpa harus berkerumun mengantri untuk mengisi daftar hadir serta memakai pulpen yang sama secara bersama seperti pada sistem lama yang sangat berisiko untuk saling menularkan virus antar sesama dosen

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

AYUNI, D., MARINI, T., FAUZIDDIN, M. & PAHRUL, Y. 2020. Kesiapan guru TK menghadapi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5, 414-421.

BAKHRI, S., DYATMIKA, T. & KAMAL, M. R. 2020. Pengaruh Kemampuan Menggunakan Teknologi Komunikasi, Sosialisasi Media Pembelajaran Online, Dukungan Keluarga dan Pengajar Terhadap Keaktifan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4.

FITRI, B. M., WIDYASTUTIK, O. & ARFAN, I. 2020. Penerapan protokol kesehatan era New Normal dan risiko Covid-19 pada mahasiswa. Riset Informasi Kesehatan, 9, 143-153.

GUSTY, S., NURMIATI, N., MULIANA, M., SULAIMAN, O. K., GINANTRA, N. L. W. S. R., MANUHUTU, M. A., SUDARSO, A., LEUWOL, N. V., APRIZA, A. & SAHABUDDIN, A. A. 2020. Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19, Yayasan Kita Menulis.

HASANAH, A., LESTARI, A. S., RAHMAN, A. Y. & DANIEL, Y. I. 2020. Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.

HASBI, I., FUADI, A., NADEAK, B., ARIFUDIN, O., JULIASTUTI, J., LESTARI, A. S., UTOMO, W. T., RIANITA, N. M., FATMASARI, R. & PASARIBU, E. 2021. Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik).

IMAM MUSLEM, R. Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas Rumah Tangga Menggunakan Mq-2 Sensor Dan Mikrokontroler. Jurnal TIKA Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim, 6, 107.

LATIP, A. 2020. Peran literasi teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1, 108-116.

RAHMAWATI, R., RAHMAH, S. F., MAHDA, D. R., PURWATI, T., UTOMO, B. S. & NASUTION, A. M. Edukasi Protokol Kesehatan dalam Menjalankan New Normal di Masa Pandemik Melalui Media Poster. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 2021.

SYARIFUDIN, A. S. 2020. Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5, 31-34.

TAUFIK, T. & HARDI, W. 2020. Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19.

WIJANARKO, A., SETIAWAN, Y. & EFENDI, R. 2021. Optimalisasi Pelaksanaan Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Covid-19 Pada Fase New Normal Melalui Literasi Media di SDIT Iqra 1 Bengkulu. Abdi Reksa, 2, 51-58.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-10

Cara Mengutip

Johan, T. M. (2021). Sistem Presensi Dosen Menggunakan Rfid Untuk Mendukung Administrasi Pendidikan Tinggi Berbasis Less Contact Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tika, 6(03), 270–276. https://doi.org/10.51179/tika.v6i03.829