Penerapan UI/UX Jahit Buk Las di Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Lean UX

Jahit Buk Las di Kota Pekanbaru

Penulis

  • Julian Nanda Mardiwanto Iyan STMIK AMIK Riau
  • Muhammad Rizki Teknologi Informasi, STMIK Amik Riau
  • Syarifah Eiva Fathda Teknologi Informasi, STMIK Amik Riau

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v8i3.2355

Kata Kunci:

Lean UX, Jahit, Balsamiq, Bisnis Jahit

Abstrak

Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Masyarakat merasakan dampak akibat pemberlakuan serta pembatasan yang dilakukan pemerintah, yaitu kesulitan memenuhi kebutuhan yang harus dilakukan secara langsung sehingga harus berpindah menjadi online.

Namun juga banyak hal yang menjadikan jasa menjahit kurang diminati masyarakat sebelum pandemi yaitu oleh berbagai hal yaitu lokasi yang tidak diketahui atau jauh, pesanan kurang luas yang hanya terdiri dari orang sekitar, jahitan tidak sesuai keinginan konsumen dan waktu jahit yang lama. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan aplikasi mobile membantu masyarakat sehingga diperlukan solusi untuk membantu menghubungkan antara penjahit dan masyarakat secara luas sebagai calon pelanggan. Untuk mewujudkan solusi tersebut peneliti mengusulkan desain solusi aplikasi jahit untuk membantu masyarakat menemukan penjahit sesuai keinginan dan kebutuhan.

Metode lean UX adalah metode yang merubah proses yang panjang menjadi singkat yang memiliki keberhasilan dan proses yang sangat cepat dan berfokus pada peningkatan pemahaman pengguna tentang design yang dirancang. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna melakukan pemesanan pada Aplikasi Jahit Buk Las.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. P. Putra and A. Tedyyana, “Pendekatan Human Centered Design pada Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Menu Cafe,” Sistemasi, vol. 10, no. 2, p. 336, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1229.

P. Wardatul and A. C. Padmasari, “PERANCANGAN DESAIN UI ( USER INTERFACE ) PADA APLIKASI TAILON,” vol. 10, no. April, 2023.

P. D. Tiksna, “Desain Interaksi Aplikasi Manajemen Bisnis dengan Metode Lean UX,” p. 104, 2011.

L. Klein, “UX for lean startups: faster, smarter user experience research and design,” 2013.

R. Aarlien, D., & Colomo-Palacios, “Lean UX: A systematic literature review. Computational Science and Its Applications – ICCSA 2020, 500–510.,” https://doi.org/10.1007/978-3-030-58817-5_37, 2020.

L. A. Liikkanen, H. Kilpiö, L. Svan, and M. Hiltunen, “Lean UX: The next Generation of User-Centered Agile Development?,” in Proceedings of the 8th Nordic Conference on Human-Computer Interaction: Fun, Fast, Foundational, 2014, pp. 1095–1100, doi: 10.1145/2639189.2670285.

J. Gothelf, J., & Seiden, “Lean UX. https://doi.org/10.1145/2639189.2670285,” Lean UX. https//doi.org/10.1145/2639189.2670285, 2014.

J. Jocelyn and R. P. Sutanto, “Penerapan Metode Lean UX dan Design Sprint Pada Pembuatan dan Pengembangan Aplikasi Aryanna,” J. DKV Adiwarna, Univ. Kristen Petra, vol. 1, 2022.

J. A. P. (2020). Ramadhan, D. A., & Gultom, “Perancangan Web Pelayanan Perizinan Pemerintah Menggunakan Lean UX. Jurnal Ilmu Komputer Dan Agri-Informatika,” https://doi.org/10.29244/jika.7.1.21-30, 2020.

A. S. yuda. Nursyifa, Mayasari, R., & Irawan, “Penerapan Metode Lean UX Pada Perancangan UI/UX Aplikasi Digilib Unsika Versi Windows.,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., 4, 2013–2015., 2021.

V. J. Caiozzo, “Peningkatan Kinerja Portal Marketing Pada Website Katalog Smartphone Menggunakan Lean UX.,” Soc. 2(1), 1–19. http//www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp//books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techni, 2019.

W. Ardiansyah, F., & Muhammad, “Mobilisasi Pengetahuan pada Repositori Institusi Berbasis Pengalaman Pengguna.,” J. Ilmu Komput. Dan Agri-Informatika, 5(2), 99. https//doi.org/10.29244/jika.5.2.99-108, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-19

Cara Mengutip

Iyan, J. N. M., Rizki, M., & Eiva Fathda, S. (2024). Penerapan UI/UX Jahit Buk Las di Kota Pekanbaru Menggunakan Metode Lean UX: Jahit Buk Las di Kota Pekanbaru. Jurnal Tika, 8(3), 206–215. https://doi.org/10.51179/tika.v8i3.2355