Klasterisasi Data Penjualan Terlaris Produk Kosmetik You Menggunakan Algoritma K-Means
DOI:
https://doi.org/10.51179/tika.v9i1.2531Kata Kunci:
Clustering, Data Penjualan Kosmetik, Data Mining, K-Means, Produk TerlarisAbstrak
Ada banyak jenis bisnis di indonesia yang menyita fokus masyarakat serta meningkatkan kompetisi dengan menghasilkan kreativitas dalam berbagai gagasan bisnis. Perusahaan kosmetik dan perawatan kulit indonesia merupakan brand kosmetik Y.O.U yang didedikasikan untuk kecantikan wanita indonesia, diproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tren saat ini. Tugas data mining adalah mengumpulkan atau mengelompokkan data dalam jumlah besar berdasarkan berbagai kriteria yang telah ditentukan. Cluster data mining sangat ideal sebagai algoritma yang bisa mengelola data dengan cara lebih efisien, seperti algoritma K-Means. Algoritma Clustering K-Means ialah prosedur yang digunakan untuk menggabungkan beberapa aliran data untuk menganalisis data dan menentukan jumlah Cluster yang memiliki karakteristik berbeda dari data lainnya. Temuan yang diinginkan ialah terdapatnya kumpulan data yang berdampak bagi strategi penjualan pada periode berikutnya sehingga dapat mengetahui barang yang paling terlaris yang dijual dan barang yang kurang laris. Kebijakan ini bisa menyusutkan defisit yang didapat oleh PT Jalur Mandiri utama dahulunya pada kosmetik YOU. Dengan data tersebut dapat dikelompokan menjadi 3 Clustering yang didasarkan pada tingkat kesuksesan penjualan suatu jenis produk Cluster 0 yang terdiri dari 8 produk item yang memiliki tingkat penjualan laris, Sedangkan Dalam Cluster 1 yang mencakup 12 item produk dengan kategori paling laris dan Cluster 2 yang terdiri dari 5 item produk yang tidak laris, dalam Cluster ini menunjukkan tren tetap atau bahkan menurun dari bulan ke bulan dengan nilai Centroid menunjukkan ketidakpopuleran produk-produk tersebut di pasar.
Unduhan
Referensi
Adhitia, P. (2022). Penerapan Data Mining Dalam Menentukan Tingkat Kepuasan Orangtua Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19 (STUDI KASUS: SD MIN BAHKAPUL …. SkripsiKu-2022, 1(4). https://skripsi.tunasbangsa.ac.id/index.php/2022/article/view/322
Agneresa, A., Hananto, A. L., Hilabi, S. S., Hananto, A., & Tukino, T. (2022). Strategi Promosi Penerapan Data Mining Mahasiswa Baru Dengan Metode K-Means Clustering. Dirgamaya: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 2(2), 25–34. https://doi.org/10.35969/dirgamaya.v2i2.275
Amalina, T., Bima, D., Pramana, A., & Sari, B. N. (2022). Metode K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Penjualan Produk Frozen Food. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 574–583. https://doi.org/10.5281/zenodo.7052276
Briliani, R. A., M.Si, D. S., & M.Si, D. S. (2016). Analisis Kecenderungan Pemilihan Kosmetik Wanita di Kalangan Mahasiswa Jurusan Statistika Unniversitas Diponegoro Menggunakan Biplot Komponen Utama. Jurnal Gaussian, 5(3), 547–548. http://ejournal-sl.undip.ac.id/index.php/gaussian
Darmi, Y. D., & Setiawan, A. (2017). Penerapan Metode Clustering K-Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk. Jurnal Media Infotama, 12(2), 148–157. https://doi.org/10.37676/jmi.v12i2.418
Erlangga, N., Solikhun, S., & Irawan, I. (2019). Penerapan Data Mining Dalam Mengelompokan Produksi Jagung Menurut Provinsi Menggunakan Algoritma K-Means. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 3(1), 702–709. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1681
Fachriansyah, A., & Bu’ulolo, E. (2023). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Clustering Bakery Dan Cake Yang Laris. Bulletin of Information Technology (BIT), 4(2), 205–217.
Lia Hananto, A., Assiroj, P., Priyatna, B., Nurhayati, Fauzi, A., Yuniar Rahman, A., & Shofiah Hilabi, S. (2021). Analysis of Drug Data Mining with Clustering Technique Using K-Means Algorithm. Journal of Physics: Conference Series, 1908(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1908/1/012024
Mangku Negara, I. S., Purwono, P., & Ashari, I. A. (2021). Analisa Cluster Data Transaksi Penjualan Minimarket Selama Pandemi Covid-19 dengan Algoritma K-means. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 6(3), 153. https://doi.org/10.31328/jointecs.v6i3.2693
Pembelajaran, I., Teknologi, D. A. N., Untuk, B., Rad, M., Pt, D. I., Indonesia, D., Mobilnetv, D. A. N., Hariman, A. A., Mulyana, D. I., Yel, M. B., Metode, I., Pada, K. C., & Kinerja, P. (2023). JURNAL INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI INFORMASI P ROGRAM S TUDI I NFORMATIKA – F AKULTAS T EKNIK - U NIVERSITAS J ANABADRA. 8(1).
PT Jalur Mandiri Utama. (2023). PT. Glints Indonesia Group. https://glints.com/id/companies/pt-jalur-mandiri-utama/58469c83-7bfd-47b8-9ffe-ed18a8c7baed
Sari, T. P., Hananto, A. L., Novalia, E., Tukino, T., & Hilabi, S. S. (2023). Implementasi Algoritma K-Means dalam Analisis Klasterisasi Penyebaran Penyakit Hiv/Aids. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 6(1), 104–114. https://doi.org/10.29408/jit.v6i1.7423
Situmorang, A., Tukino, T., Novalia, E., & Ahmad, S. (2022). Klasifikasi Hasil Penjualan Minuman Ringan Pada Koperasi Berdasarkan Jenis Barang Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Jurnal TIKA, 7(3), 250–255. https://doi.org/10.51179/tika.v7i3.1565
Tukino, T., & Huda, B. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Mendukung Keputusan Dalam Pemilihan Tema Tugas Akhir Pada Prodi Sistem Informasi Universitas Buana Perjuangan Karawang. Techno Xplore : Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36805/technoxplore.v4i1.542
Yansah, H., Wulansari, T. T., & Alameka, F. (2022). Penerapan Algoritma K-Means Dalam Clustering Produk Terlaris Pada Fr Parfum. Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi, 4(2), 83–90.
Yaumi, A. S., Zulfiqkar, Z., & Nugroho, A. (2020). Klasterisasi Karakter Konsumen Terhadap Kecenderungan Pemilihan Produk Menggunakan K-Means. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(3), 195. https://doi.org/10.31328/jointecs.v5i3.1523
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Aprillia Anjani
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.