Perancangan Aplikasi Web Bidang Agriculture Berbasis Sistem Pakar Untuk Deteksi Penyakit Cabai Dengan Metode Dempster Shaf

Penulis

  • Mutasar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Nunsina Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Cut Fadhlilah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v8i1.1913

Kata Kunci:

Sistem Pakar, Penyakit Cabai, Dignosa PHP-MySQL, Forward Chaining

Abstrak

Sangat banyak ditemukan pada tanaman cabai, tetapi masalahnya adalah apakah hama atau penyakit tersebut menimbulkan kerugian yang berarti atau tidak. Untuk mengetahui jenis serangan apa yang terjadi pada tanaman cabai terkadang petani minim pengetahuan di bidang informasi hama penyakit sehingga ada kalanya untuk pengobatan tidak sesuai dengan jenis serangan sehingga penyakit tetap merebak ke tanaman lain. Kemajuan sistem pakar dapat mengatasi permasalahan ini yaitu dengan merancang sebuah sistem komputer berbasis web yang terintegrasi dengan database dan bahasa pemrograman seperti PHP-MySql sehingga dapat membantu petani dalam mendiagnosa penyakit yang terserang. Aplikasi sistem pakar dalam pengambilan keputusannya menggunakan mesin inferensi forward chaining (penalaran maju) dimana kasus ditelusuri pada stat awal sehingga akan ditemuan goal untuk hasil akhir diagnosa penyakit tanaman cabai.  Hasil dari implementasi sistem yaitu sistem memberikan pertanyaan berupa gejala-gejala yang harus dijawab oleh petani dan hasil dari proses tersebut sistem akan  memberikan informasi penyakit apa yang menyerang tanaman serta solusi untuk penaganannya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arief, M. R. (2011). Pemrograman web dinamis menggunakan php dan mysql. Yogyakarta: Andi, 7–19.

Bahtiar, N., Wibawa, H. A., & others. (2014). Aplikasi Pendiagnosis Hama Dan Penyakit Tanaman Palawija Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Berbasis Web. Journal of Informatics and Technology, 2(1), 91–105.

Fitrianingtyas, Y. A., & Rahmad, C. (2015). Sistem pakar deteksi hama dan penyakit pada tanaman cabai dengan metode na{"i}ve bayes. In Seminar Informatika Aplikatif Polinema.

Hasibuan, S. (2020). PENGENDALIAN TERPADU HAMA PADA TANAMAN CABAI (CAPSICUM ANNUM L) DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAP FLUORENSE DAN BERBAGAI PERANGKAP WARNA. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Laely, M. (2020). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT TANAMAN CABAI DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN DEMPSTERSHAFER. Publikasi Tugas Akhir S-1 PSTI FT-UNRAM.

Lasahido, S. (2016). Sistem Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Cabai Merah Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Universitas Brawijaya.

Manik, A., & Sianturi, F. A. (2020). Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Pada Equipment Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi (JIKOMSI), 3(1.1), 183–191.

Maulidina, G. (2020). SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS MALWARE PADA SISTEM OPERASI WINDOWS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Universitas Siliwangi.

Muliadi, M., Budiman, I., Pratama, M. A., & Sofyan, A. (2017). Fuzzy Dan Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Cabai. Klik-Kumpul. J. Ilmu Komput, 4(2), 209.

Nurkholis, A., Riyantomo, A., & Tafrikan, M. (2017). Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining. Jurnal Ilmiah MOMENTUM, 13(1).

Sidik, B. (2006). Pemograman Web dengan PHP. Bandung: Informatika.

Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1).

Syafrizal, D. P., Setyaningrum, A. H., & Hulliyah, K. (2015). Penggunaan Metode Forward Chaining Pada Aplikasi Deteksi Pendingin Reaktor Serba Guna. PRSG-Batan. Banten: UIN Syarif Hidayatullah.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-14

Cara Mengutip

Mutasar, M., Nunsina, N., & Fadhlilah, C. (2023). Perancangan Aplikasi Web Bidang Agriculture Berbasis Sistem Pakar Untuk Deteksi Penyakit Cabai Dengan Metode Dempster Shaf. Jurnal Tika, 8(1), 40–48. https://doi.org/10.51179/tika.v8i1.1913