Sistem Informasi Manajemen Akreditasi Prodi (Simap) Berbasis Web Dengan Instrumen Sembilan Kriteria Pada Universitas Dhyana Pura

Penulis

  • I Made Dwi Ardiada Universitas Dhyana Pura
  • Gerson
  • Gabriel Firsta Adnyana
  • Putu Wida Gunawan
  • I Nyoman Bernadus
  • Prastyadi Wibawa Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1317

Kata Kunci:

akreditasi, dokumen, informasi, manajemen, sistem

Abstrak

Universitas Dhyana Pura adalah perguruan tinggi swasta yang ada di bawah naungan Yayasan Dhyana Pura yang ada di Kabupaten Badung Bali. Setiap program studi yang bernaung di bawah sebuah Perguruan Tinggi diwajibkan menjaga jaminan mutunya melalui proses Akreditasi. Adapun Instrumen akreditasi Program Studi yang Data, informasi dan penjelasan setiap kriteria dan parameter yang diminta dirumuskan dan disajikan oleh program studi dalam instrumen yang berbentuk panduan pengisian dokumen kinerja program studi (Buku IIIA) dan panduan penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) atau Self Evaluation Report (SER) (Buku IIIB). Masing- masing program studi yang ada di Universitas Dhyana Pura pun tidak luput dari upaya memperoleh status akreditasi baik yang dilakukan pada periode tertentu.  Masalah yang sering kali muncul adalah data dan informasi yang terkait Instrumen Akreditasi Program Studi belum tertata dengan rapi.  Jika tidak ada sebuah data center (sumber data) yang dapat dimanajemen secara periodik, maka pencatatan akan terjadi berulang-ulang, padahal informasi sebelumnya sangat berguna pada penyusunan borang akreditasi selanjutnya. Oleh sebab itu, diperlukan suatu sistem informasi yang dapat memanajemen Keperluan – keperluan Dokumen terkait Akreditasi Program Studi. Sistem informasi ini akan membantu Unit Pengelola Program Studi dan Program Studi dalam mengelola dokumen kinerja dan laporan evaluasi diri program studi sesuai dalam Pedoman Pengisian Dokumen Kinerja dan Laporan Evaluasi Diri Akreditasi Program Studi. Sistem informasi tersebut akan mempercepat proses dalam akreditasi sehingga hasilnya akan lebih teliti dan menghemat anggaran, waktu dan biaya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dharmawan, Weiskhy Steven, Deasy Purwaningtias, and Deni Risdiansyah. 2018. “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop.” Jurnal Khatulistiwa Informatika 6(2):159–67.

Hadi, Ahmaddul, Khairi Budayawan, and Syukhri Syukhri. 2017. “Perancangan Sistem Informasi Dokumentasi Borang Akreditasi Program Studi.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan 10(3):53–63.

Hartono, J. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis Dan Desain Sistem Informasi.

Kadir, Abdul. 2008. Membuat Aplikasi Web Dengan PHP Dan Database MySQL. Yogyakarta: Andi Offset.

L.A.M.P.T.K. 2019. NASKAH AKADEMIK AKREDITASI PROGRAM STUDI SARJANA KESEHATAN MASYARAKAT.

Lubis, Juanda Hakim, Rizki Muliono, and Nurul Khairina. 2020. “Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Dokumentasi Dan Pelaporan Dokumen Borang Akreditasi Program Studi Pada Universitas Medan Area Program PKM DIYA 2019.” Informatika Kaputama (JIK) 4(1):83–90.

Pratama, I. Gede Ngurah Wira, I. G. .. Anom Cahyadi Putra, and Aulia Iefan Datya. 2017. “SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PRAKTEK KERJA LAPANGAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS DHYANA PURA BALI) I Gede Ngurah Wira Pratama 1) I.G.N Anom Cahyadi Putra 2) Aulia Iefan Datya 3).” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer 3(1):342–51.

Radliya, Nizar Rabbi, and Rangga Sidik. 2018. “Rancang Bangun Sistem Repository Akreditasi Program Studi Manajemen Informatika.” Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA) 8(2).

Sukamto, Titien S., Lukito Edi Nugroho, and Wing Wahyu Winarno. 2016. “Desain Sistem Informasi Akreditasi Program Studi Berbasis Website Di Indonesia.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi) Agustus 1907–5022.

Supit, Josua Waraney, Virginia Tulenan, Steven Ray Sentinuwo, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Sam, Ratulangi Manado, and Jl Kampus Bahu. 2020. “Rancang Bangun Simulasi Akreditasi Program Studi Berbasis Web.” Jurnal Teknik Informatika 15(3):163–70.

Walukow, S. B., F. J. Doringin, O. Melo, and ... 2019. “Sistem Informasi Pengisian Borang Akreditasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado.” Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar 10(1):396–400.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-10

Cara Mengutip

Dwi Ardiada, I. M., Feoh, G., Adnyana, G. F., Gunawan, P. W., Bernadus, I. N., & Rahayu, P. W. (2022). Sistem Informasi Manajemen Akreditasi Prodi (Simap) Berbasis Web Dengan Instrumen Sembilan Kriteria Pada Universitas Dhyana Pura. Jurnal Tika, 7(2), 165–176. https://doi.org/10.51179/tika.v7i2.1317