UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ratna Juita

Keywords:

TSTS, Aktivitas, Hasil, Meningkat

Abstract

Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan penelitian tindakan kelas dalam pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran two stay two stray pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Meureubo tahun pelajaran 2021/2022, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran PPKn melalui model pembelajaran two stay two stray mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pra Siklus aktivitas siswa diperoleh 17,84 (Kurang) meningkat siklus I yaitu 22,13 (Baik) sampai puncaknya siklus II diperoleh 29,22 (Baik Sekali). 2) Hasil belajar PPKn melalui model pembelajaran two stay two stray ranah kognitif dan afektif mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada Pra siklus diperoleh hasil persentase nilai siswa yang telah mencapai KBM sebesar34%, sedangkan pada siklus I diperoleh persentase nilai siswa yang telah mencapai KBM sebesar59% dan pada puncaknya pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan simpulan tersebut, maka hipotesis penelitian melalui model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn kelas VII SMP Negeri 2 Meureubo diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ratna Juita

SMP Negeri 2 Meurebo

Published

2023-02-03

How to Cite

Juita, R. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN PADA MATERI SUMPAH PEMUDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MEUREUBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. JURNAL LENTERA, 22(1). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1812