PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERILAKU JUJUR DI SMPN 5 JULI KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Rita Rianur

Keywords:

Hasil Belajar, Model PBL dan Perilaku Jujur.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kemampuan dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah sehingga menggunakan PBL demi meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Juli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar materi perilaku jujur dalam pelaksanaan ujian sekolah di SMPN 5 Juli Kabupaten Bireuen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek dalam penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Juli berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data digunakan analisis ketuntasan belajar siswa dan skor persentase pengamat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Juli sebesar 44% pada siklus I menjadi 82% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa penggunakan model PBL dapat memperbaiki hasil belajar PAI khususnya materi perilaku jujur. Terjadi peningkatan pada aktivitas guru setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan PBL yaitu sebesar 80% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 80% meningkat menjadi 95% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rita Rianur

SD Negeri 5 Juli

Published

2022-10-24

How to Cite

Rianur, R. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJRAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERILAKU JUJUR DI SMPN 5 JULI KABUPATEN BIREUEN . JURNAL LENTERA, 21(6). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1527