MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PENERAPAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS V SD NEGERI LUENG TANOH THO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Sudirman

Keywords:

Hasil belajar, Model, Quantum Teaching, IPA, Sumber Daya Alam.

Abstract

Melalui Model Penerapan Quantum Teaching Siswa Kelas V SD Negeri Lueng Tanoh Tho Tahun Pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa KelasV SD Negeri Lueng Tanoh Tho. Jumlah siswa adalah 15 siswa dengan jumlah siswa Laki-Laki Sebanyak 9 dan jumlah siswa perempuan 6 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Februari 2021 sampai dengan April 2021 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 40.00% pada pra penelitian meningkat menjadi 60.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 86.66% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan Hasil BelajarPendidikan IPA Pada Materi Sumber Daya Alam Siswa Kelas V SD Negeri Lueng Tanoh Tho Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sudirman

SD Negeri Lueng Tanoh Tho Aceh Barat

Published

2022-09-27

How to Cite

Sudirman. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PENERAPAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS V SD NEGERI LUENG TANOH THO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. JURNAL LENTERA, 22(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr1/article/view/1450