SURVEY TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG RESIKO PERNIKAHAN USIA DINI TERHADAP PROSES KEHAMILAN DAN PERSALINAN DI DESA RANTO LHOKSUKON

Authors

  • Agustina Universitas Almuslim

Keywords:

Pengetahuan, Remaja putri, pernikahan usia dini

Abstract

Pernikahan usia dini masih banyak terjadi di Indonesia. Menurut Riset kesehatan tahun 2010. Pernikahan usia dini sangat berpengaruh terhadap kesehatan, terutama kesehatan reproduksi pada wanita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang resiko pernikahan usia dini terhadap proses kehamilan dan persalinan di Desa Ranto Lhoksukon pada tahun 2012. Desain penelitian ini deskriptif. Tempat dan waktu penelitian di Desa Ranto Lhoksukon mulai tanggal 11-25 juli 2012. Populasi yaitu remaja putri usia 15-20 tahun yang ada di Desa Ranto Pengambilan sampel menggunakan total populasi yaitu semua populasi dijadikan sampel sebanyak 52 orang. Pengetahuan remaja putri tentang resiko pernikahan usia dini terhadap proses kehamilan dan persalinan umumya berada pada kategori cukup 21 orang (40%). Resiko pernikahan usia dini terhadap proses kehamilan dan persalinan berada pada kategori baik yaitu 36 orang (69%). Pengetahuan remaja putri tentang kanker leher rahim berada pada kategori baik yaitu 29 orang (56%). Pengetahuan remaja putri tentang gangguan psikologis berada pada kategori kurang yaitu 28 orang (54%). Pengetahuan remaja putri tentang penanganan berada pada kategori baik yaitu 28 orang (54 %). Pengetahuan remaja putri tentang resiko pernikahan usia dini terhadap proses kehamilan dan persalinan di Desa Ranto Lhoksukon pada umumnya berpengetahuan cukup, namun ada sebagian kecil remaja putri yang masih berpengetahuan kurang. Bagi remaja putri, sebaiknya tidak menikah di usia dini agar resiko dari pernikahan usia dini tersebut dapat dihindari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agustina, Universitas Almuslim

Dosen Diploma-III Kebidanan Universitas Almuslim

References

Azwar, N. (2002). Pengaruh Pernikahan Dini Bagi Remaja. Mojokerto.

Dlori, M, ( 2005). Jeratan Nikah Dini, Wabah Pergaulan. Jogjakarta , Media Abadi.

Fadlyana, E (2009). Pernikahan usia dini dan permasalahannya. Bagian Ilmu Kesehatan Anak, Bandung

Irianto, S. ( 2006). Perempuan dan hukum. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta

Manuaba, I , (2009). Memahami Kesehatan Reproduksi Remaja Wanita. Buku Kedokteran EGC, Jakarta

Notoatmodjo, S. (2008). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta, Edisi ke- 4. Jakarta

Reandy, N. (2008). Remaja Cerdas, Keluarga Sejahtera, www. Blog Aneuk Nanggroe . com, di akses tanggal 26 Desember 2011.

Sarwono, P. (2007). Ilmu Kebidanan. PT Bina Pustaka, Jakarta

Santoso, (2000). Resiko Pernikahan Dini, www.alfiyah23. student.umm.ac.id.com, di akses tanggal 5 januari 2012.

Sukandarrumidi, (2004). Tingkat pengetahuan www. Blog Aneuk Nanggroe . com, di akses tanggal 26 maret 2012.

Pediatri, S. (2002). Early Marriage Serta Kewajiban Orang Tua Dan Masyarakat Untuk Melindungi anak, www.unicef.org.diakses 22 Mei 2012.

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Agustina. (2016). SURVEY TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG RESIKO PERNIKAHAN USIA DINI TERHADAP PROSES KEHAMILAN DAN PERSALINAN DI DESA RANTO LHOKSUKON. JURNAL KESEHATAN ALMUSLIM, 2(3), 36–40. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jka/article/view/357