PENGARUH HEALTH EDUCATION MELALUI PEER REVIEW TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG BAHAYA SEKS BEBAS PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.51179/jka.v7i1.431Keywords:
Health education, Peer Review, pengetahuan, sikap, bahaya seks bebasAbstract
Seks bebas adalah segala tingkah laku yang didorong oleh hasrat seksual terhadap lawan jenis maupun sesama jenis yang dilakukan di luar hubungan pernikahan dan merupakan permasalahan fenomena. Perilaku seks merupakan permasalahan dan fenomena sosial yang semakin lazim dijumpai dalam masyarakat. Perilaku seks bebas tidak hanya didominasi oleh negara maju, namun juga banyak ditemui di negara berkembang. Upaya untuk mengatasi masalah perilaku seksual remaja tidak bisa hanya dilaksanakan oleh tenaga ahli saja seperti psikolog, konselor, dan pendidik namun harus oleh semua pihak antara lain guru, orang tua, pemerintah dan masyarakat, tenaga ahli lainnya dan remaja itu sendiri atau teman sebayanya. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Health education melalui peer review terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang bahaya seks bebas pada siswa SMP. Desain penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi-Experimental one group pretest-postest. Sampel dalam penelitian ini 10 siswa SMP. Analisa data dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap didapatkan nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,005 artinya Ha diterima atau dapat disimpulkan ada pengaruh health education melalui peer review terhadap pengetahuan dan sikap tentang bahaya seks bebas di Siswa SMP. Agar lebih meningkatkan lagi pendidikan kesehatan di sekolah-sekolah khusus tentang bahaya seks bebas sehingga para siswa mendapat pengetahuan dan terbentuk sikap yang baik dengan tidak melakukan seks bebas.
Downloads
References
Ali, M dan M. Asrori. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. PT Bumi Aksara. Jakarta
Arikunto, S.(2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bumi Aksara Jakarta
Badriah, Fase. (2014). Be Smart Girl: Pedoman Kesehatan Reproduksi Untuk Remaja Putri. Gema Insani Pers
Bimtas, J. (2016). Pengaruh Peer Education Terhadap Pengetahuan , Sikap Dan Titi Legiati , Desi Hidayanti , Diyan Indrayani Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Bandung , Bandung , Indonesia Abstrak.
Cleary, M. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https: //doi.org/ 10.1017/ CBO978 11074 15324.004
Fuad. (2018). Remaja dan Perilaku Seks. EGC Jakarta.
Hurock, Elizabeth. (2009). Psikologi Perkembangan. Erlangga .Jakarta
Imron, A. (2014). Peer Educator and Adolescent Reproduction Health Education. Journal of Humanities and Social Sciences, Vol. 4, No. 15
Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta
Nursalam. (2011). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Salemba Medika Jakarta
Rofi’ah, S., Widatiningsih, S., & Vitaningrum, D. (2017). Kesehatan Metode Peer Group Dan Sikap Personal Hygiene Saat. Jurnal Ilmiah Bidan, II(2), 31–36. https://media.neliti.com/media/publications/227226-efektivitas-pendidikan-kesehatan-metode-1c5102d8.pdf
Rochadi. 2011. Pengaruh Teman Sebaya dan Sumber Informasi Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Pada Siswa SMAN 2 Medan. Tesis. USU
Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Jurnal Ilmiah Bidan, VOL.II, NO.2, 2017 35
Santosa, S. (2018). Dinamika Kelompok, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga. Bumi Askara Jakarta.
Santrock, J,W. (2005). Adolescent. Tenth Edition. New York;The Mc Graw Hill.Co.Inc
Sarwono, Sarlito Wirawan. (2011). Psikologi remaja. Rajawali Press. Jakarta.
Sofyan (2013). Remaja Dan Permasalahannya. Alvabeta .Bandung
Soetjiningsih. (2004). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. CV. Sugeng Seto Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rizqi Kamalah, Honaryati Honaryati, Irianti Tina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Artikel ini berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0