MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA MATERI GLOBALISASI MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SISWA KELAS IV SD NEGERI ALUE PENYARENG 2 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Kata Kunci:
Hasil belajar, Model, Quantum Teaching, IPA, Sumber Daya Alam.Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PKn pada Materi Globalisasi Melalui Model Penerapan Quantum Teaching Siswa Kelas IV SD Negeri Alue Penyareng 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Alue Penyareng 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jumlah siswa adalah adalah 19 siswa dengan jumlah siswa laki–laki Sebanyak 6 dan jumlah siswa perempuan13 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2021 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 42.10% pada pra penelitian meningkat menjadi 63.15% pada siklus I dan meningkat menjadi 84.21% pada siklus II.Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan PKn Pada Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SD Negeri Alue Penyareng 2 Tahun Pelajaran 2020/2021.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jufrizal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0