PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIA.1 SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKLUKHIDUP TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Masalah hasil belajar siswa di sekolah masih banyak yang mengalami masalah, terutama hasil belajarnya masih rendah. Hal disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya masih ada guru yang belum mampu menggunakan metode yang benar. Peneltian ini dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Januari sampai dengan Maret 2019 di SMA Negeri 5 Aceh Barat Dayayang bertujuan untuk mengetahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XII MIA.1 pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan makluk hidup pelajaran Biologi dengan pembelajaran Tipe Picture and Picture, pada SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XII MIA.1 Negeri 5 Aceh Barat Daya yang jumlah siswanya 30 orang siswa sebagai subjek penelitian, untuk memperoleh data penulis menggunakan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Setelah data terkumpul dengan baik diolah dan dianalis dengan cara membandingkan antara siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa Kelas XII MIA.1 Negeri 5 Aceh Barat Daya pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan makluk hidup dengan menggunakan model tipe Picture and Picture. Hal ini terbukti pada siklus I dari 30 orang siswa hanya 19 (63,33%) yang yang tuntas secara klasikal, sedangkan setelah siklus II meningkat menjadi 28 orang siswa atau (93,33%) yang tuntas secara klasikal.
Kata Kunci: Kooperatif tipe Picture and Picture, hasil belajar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maswinda Maswinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0