USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GETARAN MELALUI MODEL CROSSOVER GROUP PADA SISWA KELAS XI MIA 1 DI SMAN 5 ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Setelah dilakukan survey ditemukan permasalahan kesulitan siswa kelas XI MIA 1 di SMAN 5 Aceh Barat Daya Tahun pelajaran 2020/2021dalam mempelajari materi getaran pada mata pelajaran fisika, sehingga peneliti merumuskan masalah 1) Bagaimanakah upaya meningkatkan hasil belajar fisika materi getaran pada Siswa Kelas XI MIA 1 di SMAN 5 Aceh Barat Daya Tahun pelajaran 2020/2021?, 2) Bagaimanakah hasil belajar fisika materi getaran pada siswa Kelas XI MIA 1 di SMAN 5 Aceh Barat Daya tahun pelajaran 2020/2021setelah menerapkan model pembelajaran crossover group ?. setelah dilakukan tindakan dihasilkan hasil tes siswa dalam pembelajaran tiap siklus pada pra tindakan 68,71 meningkat pada siklus I diperoleh sebesar 70,65 meningkat pada siklus II diperoleh sebesar 79,03 dan akhirnya pada siklus III diperoleh rata-rata 85,81 menunjukan memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar. Persentase ketuntasan belajar pada pra tindakan diperoleh 65% meningkat pada siklus I 74% namun demikian belum memenuhi kriteria ketuntasan yang diharapkan sehingga pada siklus II diperoleh persentase ketuntasan 84% menunjukan memenuhi kriteria ketuntasan belajar yaitu 80% namun demikian seluruh siswa harus tuntas belajar sehingga pada akhirnya pada siklus III diperoleh ketuntasan belajar 100%. Sehingga ketuntasan belajar dan hasil tes siswa signifikan meningkat dan penelitian dapat dihentikan. Serta peningkatanhasilbelajarfisikamaterigetaran pada Siswa Kelas XI MIA 1 di SMAN 5 Aceh Barat Daya Tahunpelajaran 2020/2021dengan model pembelajaran crossover group nyataberhasil dibuktikan.
Kata kunci: Crossover Group, Fisika, prestasi
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. Yamin M. Yamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0