UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XII IIS.1 SMAN 5 ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • admin admin

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi untuk siswa kelas XII IIS.1 SMAN 5 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS1 SMAN 5 Aceh Barat Daya yang berjumlah 28 siswa. Obyek penelitian ini adalah terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, kolaborator dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, 6 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penggunaan metode Tutor Sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi siswa dalam diskusi kelas pada saat presentasi menunjukkan peningkatan dari 57% atau 16 siswa pada siklus I menjadi 93% atau 26 siswa. (2) Partisipasi siswa pada diskusi kelompok meningkat sebesar 61% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II, (3) Dalam ketelitian dan ketepatan menyelesaikan soal meningkat sebesar 54% menjadi 100% (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa sebesar 50% nilai rata-rata tes 65,00 menjadi 100% dengan nilai rata-rata 85,36 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode Tutor Sebaya, (2) Guru memperbaiki RPP terlebih dahulu sehingga kegiatan belajar mengajar berlangsung terarah dan terprogram, (4) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi baik dari domain kognitif, afektif maupun psikomotorik.

 

Kata kunci: Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Akuntansi, Meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

admin admin

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi untuk siswa kelas XII IIS.1 SMAN 5 Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS1 SMAN 5 Aceh Barat Daya yang berjumlah 28 siswa. Obyek penelitian ini adalah terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, kolaborator dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, 6 x 45 menit. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penggunaan metode Tutor Sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi siswa dalam diskusi kelas pada saat presentasi menunjukkan peningkatan dari 57% atau 16 siswa pada siklus I menjadi 93% atau 26 siswa. (2) Partisipasi siswa pada diskusi kelompok meningkat sebesar 61% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II, (3) Dalam ketelitian dan ketepatan menyelesaikan soal meningkat sebesar 54% menjadi 100% (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa sebesar 50% nilai rata-rata tes 65,00 menjadi 100% dengan nilai rata-rata 85,36 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode Tutor Sebaya, (2) Guru memperbaiki RPP terlebih dahulu sehingga kegiatan belajar mengajar berlangsung terarah dan terprogram, (4) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi baik dari domain kognitif, afektif maupun psikomotorik.

 

Kata kunci: Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Akuntansi, Meningkat.

Published

2023-10-24