UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MEMBACA CEPAT MELALUI MODEL PENERAPAN QUANTUM TEACHING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Keterampilan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Cepat Melalui Model Penerapan Quantum Teaching Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2021/2022. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Model Pembelajaran Quantum Teaching. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2021/2022. Jumlah siswa adalah adalah 20 siswa dengan jumlah siswa Laki-Laki Sebanyak 12 dan jumlah siswa perempuan 8 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2022 sampai dengan Maret 2022 pada semester genapl. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 42.10% pada pra penelitian meningkat menjadi 65.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 84.21% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Cepat Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Meulaboh Tahun Pelajaran 2021/2022.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fivi Herawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0