UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI READING SISWA KELAS XI MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 ACEH BARAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Bahasa Inggris, Hasil, belajar, Motivasi, Model, GI, Reading.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris Pada Materi Reading Siswa Kelas XI MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2019/2020 Melalui Penerapan Model GI (Group Investigation). Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model GI (Group Investigation). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat. Jumlah siswa adalah 35 siswa dengan jumlah siswa perempuan 28 orang dan siswa laki-laki 7 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Januari 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 40.00% pada pra penelitian meningkat menjadi 65.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.00% pada siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model GI (Group Investigation)dapat meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Materi Reading Siswa Kelas XI MIPA 2 Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat Tahun Pelajaran 2019/2020 Melalui Penerapan Model GI (group investigation).
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 NASRIYENIE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0