MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) SISWA KELAS V SD NEGERI UJONG RAJA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Fatimah Wati

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan Motivasi dan hasil belajar belajar siswa kelas V SD Negeri Ujong Raja Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian kelas ini berjudul ” Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn Pada Materi Sistem Pemerintahan Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams games tournaments (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri Ujong Raja Tahun Pelajaran 2022/2023” yang dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 pada semester genap. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari bulan awal bulan Februari 2023 sampai dengan akhir April 2023. Sumber data berasal dari siswa kelas Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKn pada Materi Sistem Pemerintahan Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams games tournaments (TGT) Siswa Kelas V pada semester genap tahun 2023 yang melakukan pembelajaran dengan model Teams games tournaments (TGT). Alat pengumpulan data berupa butir soal test. Pengamatan dilakukan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan menandai siswa aktif saat PBM yang sesuai dengan kolom yang tersedia. Validasi data dilakukan dengan memasukkan nilai-nilai tes siswa ke dalam daftar nilai yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif persentase. Prosedur penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian pada pra siklus sebesar 38.02, persentase ketuntasan mitivasi belajar siswa sebesar 37.29%. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 64.18 dan presentase ketuntasan 65.11%. sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 86.04%, dengan nilai rata-rata 82.09 dan siswa yang tuntas dalam memahami materi ini sebanyak 12 siswa dari 20 siswa pada pra siklus dan siklus I menjadi 28 siswa lalu masuk pada siklus II Menjadi 17 siswa. Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams games tournaments (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangat besar manfaatnya bagi guru maupun siswa. Oleh karena itu, hendaknya model ini dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi, motivasi dan hasil belajar siswa. Guru hendaknya mengajar dengan menggunakan metode/model pembelajaran yang bervariasi sehingga membuat siswa lebih bersemangat dan menyenangi materi yang diajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Fatimah Wati

SD NEGERI UJONG RAJA ACEH BARAT

Published

2023-10-28