UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN TEMATIK PADA MATERI PERKALIAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA III SD NEGERI PEUNAGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Zamlinar

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Kemampuan, Model, Think Pair Share, tematik, Perkalian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Kemampuan tematik pada materi Perkalian Melalui Pembelajaran Model Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas III SD Negeri Peunaga Tahun Pelajaran 2021/2022. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Think Pair Share. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SD Negeri Peunaga. Jumlah siswa adalah 17 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan 7 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2022 sampai dengan Maret 2022 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua,pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menandai jumlah siswa yang terampil dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 41.17% pada pra penelitian meningkat menjadi 64.70% pada siklus I dan meningkat menjadi 82.35% pada siklus II. Peningkatan siswa yang terampil dalam proses pembelajaran yaitu dari 65.00% pada siklus I dan meningkat menjadi 84.00% pada siklus II.Penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan Kemampuan Tematik Pada Materi Perkalian pada siswa III SD Negeri Peunaga Tahun Pelajaran 2021/2022.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Zamlinar

SD Negeri Peunaga Aceh Barat

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles