PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIMPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Keywords:
Hasil Belajar, PAKEM, IPS, Sistem, Pemerintahan, IndonesiaAbstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan manfaaat untuk mendapatkan teori baru dan dapat dijadikan referensi. Kajian ini memakai model PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaannya di kelas IV SD Negeri Simpang Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam kurun waktu 3 bulan. Subjek penelitiannya yaitu siswa Kelas Kelas VI berjumlah 22 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 13 orang dan putri 9 orang, data PTK ini dari siswa, hasil belajar siswa, observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Data divalidasikan dan diferifikasi dengan mencantumkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai tertinggi, terendah dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan Hasil Belajar Siswa sebanyak pada siklus pertama 63.63% dan nilai rata- rata 63.45 hingga pada siklus kedua mencapai persentase 81.81% dan nilai Rata-rata 82,86. PTK ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan pererencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori tentang pembeajaran IPS dan variabel penindak melalui Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Hasil penelitian menununjukan peningkatan hasil belajar siswa dari 3,07 Pada Siklus 1 meningkat menjadi 4,29 pada pertemuan 2, dikata gorikan baik pada Penerapan Model Pembelajaran PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi Sistem Pemerintahan di Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Simpang Tahun Pelajaran 2020/2021
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rusniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0